Selamat Datang di Website DPRD Kab. Gorontalo Utara - Terdepan Melayani Masyarakat, Silahkan hubungi kami melalui aplikasi e-meeting (09:00 - 15:00 WITA) Klik Disini

off canvas menu

Bagian Keuangan

Tugas Pokok dan Fungsi

Melaksanakan sebagian tugas sekertariat di bidang penganggaran dan pembayaran, menyiapkan dan menyusun anggaan, membuat pembukuan, melaporkan serta mempertanggung jawabkan  sbb:

  1. Perencanaan penyiapan dan penyusunan anggaran pengeluaran sekertariat.
  2. Pengurusan keuangan untuk keperluan DPRD
  3. Pembuatan pembukuan kuangan.
  4. Penelitian/verivikasi administrasi keuangan.
  5. Penyiapan daftar gaji dan tunjangan.
  6. Penyusunan laporan pertanggung jawaban keuangan sekertariat DPRD
  7. Pelaksanaan fungsi-fungsi lainnya sesuai kedinasan.

 

SUB BAGIAN ANGGARAN DAN PERBENDAHARAAN

Sub bagian anggaran dan perbendaharaan mempunyai tugas menyusun serta menghitung anggaran,membuat SPP,SPM,SP2D, realisasi anggaran, membuat daftar gaji dan tunjangan, penyelenggaran pembukuan/administrasi melakukan pembayaran, dan membuat realisasi pembayaran dengan uraian tugas sbb:

  1. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan kebijaksanaan teknis, pedoman dan petunjuk teknis sertabahan lainnya yang berhubungan dengan bidang anggaran dan perbendaharaan.
  2. Menyiapkan bahan penyusunan dan petunjuk teknis di bidang anggaran dan pebendaharaan.
  3. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungn dengan bidang anggran dan perbendaharaan serta penyiapan bahan petunjuk pemecahan maslah.
  4. Menyusun dan menghitung anggaran anggota DPRD dan Sekertariat DPRD.
  5. Membuat daftar gaji dan tunjangan sesuai dengan data yang ada dan ketentuan yang berlaku.
  6. Menyelenggarakan pembukuan / administrasi pembayaran.
  7. Melakukan pembayaran dan mmbuat laporan realisasi pembayaran.
  8. Menyampaikn laporan hasil pelaksanaan  baik lisan maupun tertulis kepada atasan.
  9. Membuat tugas lain suai kedinasan.

 

SUB BAGIAN VERIVIKASI

Sub bagian verivikasi mempunyai tgas melakukan pemerikasaan/penitian terhadap realisasi anggaran rutin pengeluaran serta penelitian evaluasi serta melakukan pembukuan secara sistimatis da n kronologi mempunyai rincian sbb:

  1. Menhimpun dan mempelajari peraturan dan perundang-undangan, kebijaksanaan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang verifikasi.

  2. Mengumpul data dan mengolah data dan informasiyang berhuungan dengan bidang verifikasi.

  3. Menyiakan bahan penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang verifikasi.

  4. Menginventarisasi prmasalahan-permasalahan yang berhubngan dengan bidang verifikasi serta menyiakan bahan petunjuk pemecahan masalah.

  5. Melakukan pemerikasaan / penelitian terhadap realisasi anggaran rutin.

  6. Mencatat dan membuat dtar pembayaran atas pemebelian barang dan pengeluaran rutin lainnya.

  7. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.